Akun Grab Dinonaktifkan Sementara ? Ini Cara Mengaktifkannya Kembali

Musibah dan kendala memang tak selalu bisa ditebak kapan datangnya. Contoh, ketika pada saat mitra pengemudi grab sedang online menunggu orderan, tiba-tiba akun grab dinonaktifkan sementara. Tentunya ini sangat disayangkan karena driver tidak bisa melanjutkan pekerjaannya mencari pundi-pundi rupiah dengan menjalankan orderan.

Musibah dan kendala memang tak selalu bisa ditebak kapan datangnya. Contoh, ketika pada saat mitra pengemudi grab sedang online menunggu orderan, tiba-tiba akun grab dinonaktifkan sementara. Tentunya ini sangat disayangkan karena driver tidak bisa melanjutkan pekerjaannya mencari pundi-pundi rupiah dengan menjalankan orderan.

Setiap hari pasti ada saja driver yang akun grabnya di nonaktifkan. Fenomena ini terjadi bukan tanpa ada alasan, pasti ada suatu hal yang menyebabkannya. Yang pasti, akun grab nonaktif sementara itu disebabkan 2 hal. Yaitu karena auto suspend oleh sistem dan mendapat feedback negatif atau laporan yang buruk dari penumpang ( customer ).

Penyebab akun Grab Dinonaktifkan Sementara

Jika ada yang bertanya kenapa akun grab nonaktif sementara, mungkin jawabannya karena salah satu hal dibawah ini, berikut beberapa diantaranya :

  1. Melanggar Kode Etik Grab
  2. Sim Kadaluwarsa atau habis masa berlakunya
  3. Terlalu tinggi tingkat Rating Pembatalan dan penerimaan
  4. Barang penumpang tertinggal dan terbawa oleh driver
  5. Nomor Plat Kendaraan berbeda dengan yang ada di aplikasi

Diatas adalah penyebab kebanyakan mengapa akun driver bisa di nonaktifkan sementara. Contoh, untuk barang penumpang yang tertinggal dikendaraan pengemudi, penumpang tersebut akan melaporkannya, lalu akun grab sang driver akan di nonaktifkan untuk sementara oleh operator, dan akan aktif kembali sampai barang di kembalikan ke pemiliknya.

Contoh lain adalah perbedaan plat kendaraan, yang mana ini sangat sering terjadi. Memang banyak alasan mengapa bisa berbeda, mungkin karena kendaraan yang terdaftar sedang rusak, ganti kendaraan tetapi belum sempat update di aplikasi, sedang perbaikan dan sebagainya.

Tetapi yang namanya penumpang kadang tidak mau tahu, ketika mendapati driver yang plat kendaraannya berbeda maka setelah di akhir perjalan biasanya mereka akan melaporkan melalui fitur feedback yang tersedia. Dengan demikian secara otomatis biasanya akun driver akan di nonkatifkan untuk sementara.

Ciri-Ciri Akun Grab Di Nonaktifkan Sementara

Untuk mengetahui apakah akun grab dinonaktifkan atau tidak sebenarnya sanga mudah sekali. Yang jelas ada tidak bisa login ke aplikasi grab driver. Pada saat memasukan akun biasanya akn muncul notifikasi seperti dibawah ini.

Disana akan ada keterangan yang tertulis seperti ini :

Akun Anda Non-Aktif sementara. Klik Pusat Bantuan untuk tahu proses selanjutnya.

akun grab dinonaktifkan sementara

Cara Mengaktifkan Akun Grab Yang Dinonaktifkan Sementara

Ketika driver mengalami hal ini biasanya mereka bertanya-tanya, berapa lama akun grab dinonaktifkan sementara ?. Jawabannya tergantung dari pelanggaran yang dilakukan.

Jika pelanggarannya ringan akan aktif secara otomatis dalam waktu 3 hari, dan biasanya juga akan di informasikan melalui sms yang akan dikirim ke nomor hp yang tedaftar di aplikasi grab driver. Kasus yang ini terjadi biasanya dikarena melanggar kode etik ringan seperti menekan tombol selesai tanpa membawa penumpang, menyelesaikan perjalanan tidak pada titik yang telah ditentukan, dan sebagainya.

Untuk kasus yang beda plat kendaraan biasanya di diwajibkan untuk mengikuti training ulang agar akun bisa aktif lagi.

Nah untuk yang tidak mendapatkan notifikasi apapun, maka dapat mengisi formulir di pusat bantuan agar mendapatkan klarifikasi tentang pelanggaran yang terjadi dan apa yang harus dilakukan agar akun bisa aktif kembali. Caranya :

  • Pertama silahkan masuk ke pusat bantuan di bagian akun dan pengaturan, atau bisa langsung disini.
  • Selanjutnya isi formulir yang disediakan dengan lengkap
  • Klik Kirim Jika data sudah benar
  • Selesai

Selanjunta tinggal menunggu saja balasan dari pihak grab yang akan di informasikan melalui email atau telepon untuk klarifikasinya.

Kemungkinan nanti yang bisa terjadi adalah akun bisa aktif secara otomtis atau di haruskan untuk datang ke kantor grab/ Grab Driver Center ( GDC ) untuk mengurusnya.

Setelah membaca artikel tentang akun grab dinonaktifkan sementara ini semoga permasalahan yang dialami bisa terbantu dan cepat selesai.

2 thoughts on “Akun Grab Dinonaktifkan Sementara ? Ini Cara Mengaktifkannya Kembali”

  1. Saya ingin mengaktifkan akun lama karena nomor yg lama handphone saya sudah tidak aktif pas saya ganti hp tidak dapat kode verifikasi

    Reply
  2. Saya ingin mengaktifkan akun lama saya yg sudah tidak aktif karena nomor handphone saya sudah tidak aktif tidak dapat kode verifikasi

    Reply

Leave a Comment